Jumat, 23 Agustus 2013

dalil penyusunan dalam pembelajaran matematika menurut Bruner

Dalil PenyusunanKonsep dalam matematika akan lebih  bermakna jika siswa mempelajari melalui penyusunan representasi obyek yang dimaksud dan dilakukan secara langsung. Dari beberapa pandangan tentang dalil penyusunan Bruner, maka dapat disimpulkan bahwa siswa hendaknya belajar melalui partisipasi aktif dalam memahami konsep, prinsip, aturan dan teori. Hal ini dapat diperoleh melalui pengalaman dan melakukan eksperimen atau percobaan yang memungkinkan siswa untuk memahami konsep, prinsip, aturan dan teori itu sendiri. Pada akhirnya Bruner menunjukkan beberapa keutamaan tentang pengetahuan yang diperolah dengan cara penemuan. Keutamaan pertama adalah pengetahuan bertahan lama dan lebih mudah diingat bila dibandingkan dengan pengetahuan yang diperoleh dengan cara lain. Selain itu, hasil belajar penemuan mempunyai efek transfer  lebih baik daripada hasil belajar lainnya. Secara menyeluruh, belajar penemuan dapat meningkatkan penalaran dan kemampuan siswa untuk berpikir secara bebas (Dahar, 1989).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar